PUANPERTIWI
Lifestyle

Turunkan Berat Badan Dengan Sehat? Ini Triknya!

Woman stepping on scales and weighing herself

Puanpertiwi.com – Tentu tak ada yang mau, tubuh langsing namun penyakit menyerang. Nah, ada tips yang diberikan pada ahli diet agar acara menurunkan beat badan tak mengganggu kesehatan.

1.Niat.
Tanpa niat kuat untuk benar-benar melakukan penurunan berat badan, agak ulit terlksana. Apalagi kalau karena disaranka oleh orang lain. Harus dari diri sendiri.

2. Cari tahu jumlah kalori yang hsrus Anda konsumsi setiap harinya.
Beberapa makanan yang banyak mengandung kalori diantaranya: nasi putih, mie instan, mie, roti putih, burger, pizza, gula, pasta, spageti, minuman bersoda, keripik kentang maupun keripik singkong dan semacamnya
Daftar makanan tersebut sebaiknya dikurangi. Atau yang dihindari misalnya cemilan keripik, kue-kue manis, biskuit cokelat, cake dan semacamnya.

3. Tetaplah sarapan.
Menurut para ahli diet, sarapan penting. Tidak saja bagi kesehatan, namun juga untuk mengendalikan rasa lapar sebelum jam makan siang tiba.
Tetaplah sarapan, namun pilih menu yang aman dan sehat. Misalnya jus buah dengan susu non fat. Jagung rebus, telur rebus, pisang. Sereal, oat, susu non fat.

4. Tetap aktif bergerak
Tak perlu olahraga berat, kegiatan ringan namun rutin dilakukan, bias membuat tubuh tetap fit karena lemak akan terbakar. Misalnya jalan kaki ke tempat aktifitas. Senam ringan sambil mengerjakan sesuatu.
Jogging, bersepeda, berenang, jalan kaki santai, tetap oke untuk mempertahankan berat badan setelah ideal

5. Rutin timbang berat badan
Ini cara efektif untuk mengontrol berat badan. Ketika ada penurunan berat badan atau kenaikan berat badan, maka kita tahu apa yang harus dilakukan.

6. Rencanakan menu yang bervariasi
Menu yang itu-itu saja, tak hanya membuat kita bosan, namun juga asupan gizi bisa tak memadai.
Yang harus selalu ada dalam menu harian kita adalah sayuran dan buah-buahan, atur bergiliran sayuran dan buah-buahan yang Anda konsumsi setiap harinya.

7.Pilihlah hanya makanan sehat saja
Tukar berbagai makanan tidak sehat dengan makanan-makanan sehat. Misalkan daripada ngemil kue, lebih baik Anda minum smoothie.

8. Olahraga tepat
Setiap orang dari usia 19 hingga 64 tahun direkomendasikan setidaknya berolahrga yang tepat untuk kondisi tubuhnya. Lakukan itu secara ratin. Jogging, jalan cepat, tenis, berenang.

Reporter : gilz

Leave a Response