PUANPERTIWI
Women in Action

Susi Pudjiastuti Akan Dianugerahi Doktor Honoris Causa Dari ITS

Surabaya, Puanpertiwi.com – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti akan diberi gelar Doktor Honoris Causa (HC) oleh Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada puncak peringatakan Dies Natalis ITS ke 57 mendatang, 10 Nopember mendatang.

Sekretaris Institut (Sekits) ITS Dr dra Agnes Tuti Rumiati MSc pada awak media mengatakan, jika pemberian gelar kehormatan pada menteri Susi Pudjiastuti melalui proses cukup panjang dan tidak singkat atau dadakan.

”Usulan pemberian penghargaan itu datangnya pertama kali dari Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS sejak awal tahun 2016 lalu,” katanya didampingi Dr bambang Lelono Widjiantoro ST MT dekan Fakultaas Teknilogis Industri pada awak media, Rabu.

Dijelaskan, setelah itu, tim diberntuk untuk tujuan mengkaji layak tidaknya manteri kabinet Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan akademik itu. Sebab, selama ini, katanya lebih lanjut, ITS tidak gampang dalam memberikan gelar pada seseorang.

Selama ini, ITS baru memberikan dua gelar Honoris Causa (HC) pada dua tokoh. Pertama Hermawan Kertajaya merupakan tokoh pemasaran atau marketing papan yang juga sebagai Presiden World Marketing Association. Marketer dari Surabaya itu juga pernah dinobatkan sebagai 50 giri Wjp Jace Shapes The Future oaf Marketing dari The Chartered Institute Of Marketing.

Setelah itu tahun 2015 lalu, ITS kembali menganugerahkan gelar doktor HC pada Tri Rismaharini yang sampai kini menjabat sebagai wali kota Surabaya. Risma yang kebetulan lulusan ITS dinilai berhasil menerapkan konsep sustainable developmen dalam pengembangkan kota.

”Penghargaan HC untuk bu menteri Susi Pudjiastuti ini merupakan kali yang ketiganya oleh ITS,” terang Agnes.

Alasan pemberian penghargaan HC bagi menteri perempuan fenomenal dengan latar belakang Susi Pudjiastuti dinilai berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan dan kemajaun kemaritiman. Hal ini sesuai dengan ITS sebagai perguruan tinggi yang mengunggulkan bidang kemaritiman.

Disamping itu, kata Agnes, menteri Susi dinilai telah memiliki sertivikat Kerangka Kwalifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9. Level ini sekelas dengan doktor. ”Tingkatannya untuk sarjana itu di level 6, profesi level 7, S2 level 8 dan S3 atay doktor pada level 9,” tambahnya merinci penghargaan yang diberikan pada menteri Susi. (ita)

Leave a Response