PUANPERTIWI
Parenting

Semua Bermula dari Rumah: Parenting Skill

Puanpertiwi.com – Untuk kesekian kalinya, Ma’had Manarul Quran Paciran Lamongan, atau yang dikenal dengan sebutan MMQ, menggelar acara Parenting Skill yang menghadirkan kedua orang tua peserta didik. Acara yang dihelat ( 14/ 10/ 2018) berbarengan dengan penerimaan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) ini, menghadirkan pakar pendidikan keluarga dari sebuah lembaga psikologi, yaitu Drs. Supriyanto Helmy Tanjung, M. Psi., M. Pd.

Dalam penjelasannya, Helmy, demikian akrab dipanggil, menuturkan bahwa kesuksesan anak berangkat dan bermula dari keluarga. Dari keluarga yang harmonis akan menciptakan anggota keluarga yang harmonis pula. Kalau keluarga bermasalah, tentu saja akan menimbulkan masalah kepada anggota keluarga. Karenanya, menurut Helmy, Kalau ada anak yang bermasalah Di sekolah maka janganlah para pendidik memvonisnya dahulu dengan “framing” yang mengganggu perkembangan psikologi anak, misalnya menyebut anak nakal atau semacamnya. Seorang pendidik harus mampu merunut problem psikologi anak didiknya. Biasanya, permasalahan anak mayoritas berawal dari sekolah awalnya, yaitu keluarganya.

Karenanya, keluarga harus mampu menghadirkan energi cinta sehingga dalam keluarga tercipta penghuni-penghuni yang merepresentasikan kasih sayang dan kepekaan terhadap lingkungan yang semakin hedonis dan egois.

Pada pembukaan, Pembina Yayasan, K. H Sabiq menjelaskan dan menerangkan peranan Al Quran dalam kehidupan manusia. Sabiq menjelaskan bahwa ketika seseorang sudah dekat dan lekat dengan Al Quran maka jalan-jalan judulnya akan dipandu oleh Allah SWT. (SHT)

Leave a Response