PUANPERTIWI
Culture

Otak Bagai Komputer Nama Katherine Johnson, Diabadikan Gedung di NASA

Puanpertiwi.com- Seorang perempuan bernama, Katherine Johnson diberikan penghargaan oleh NASA, ia juga sering disebut human computer di NASA. Bahkan namanya dibuat untuk nama gedung pada pusat penelitian terbaru NASA yakni Katherine G. Johnson Computational Research Facility.

Saat proyek perdana AS mengelilingi bumi, matematika sangat diandalkan untuk menghitung akurasi misi orbit. Sementara, komputer masa itu belum sesempurna sekarang. Jadi, sang astronot, John Glenn saat itu bergantung pada Nona Johnson. Ia bersikeras Johnson yang bertanggung jawab untuk mengkalkulasi ulang.

Menariknya, AS dapat menyaingi ‘perang dingin’ dengan Uni Soviet berkat kecerdasan Johnson untuk misi mengelilingi orbit Bumi. Misi mengelilingi orbit bumi merupakan program AS untuk menyaingi Uni Soviet, sebelumnya, moskow telah mengirim Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang meninggalkan Bumi menuju antaraksa pada tahun 1961.

Stereotipe bahwa perempuan tidak bisa matematika dibanding pria dapat terpatahkan berkat Johnson. Tetapi saat ditanya bagaimana perasaan sirinya ketika ditanya namanya telah diabadikan untuk nama pusat fasilitas NASA ia menjawab, “Anda mau jawaban jujur saya? Saya rasa mereka gila, karena harusnya bukan saya sendiri, tapi banyak orangterliat di dalamnya,” ujarnya.

Selama upacara pembukaan fasilitas, pejabat NASA memberikan penghargaan Fligh Awareness Silver Snoopy kepada Johnson. Ini adalah apresiasi ke orang-orang yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada keselamatan luar angkasa manusia.

Katherine G. Johnson Computational Research Facility merupakan bangunan ketiga dalam rencana revilitalisasi NASA Langley selama 20 tahun. Bangunan seluas 40.000 kaki persegi ini akan menyediakan pusat data terkonsolidasi dan ruang kantor.

Reporter: Eva

Leave a Response