PUANPERTIWI
Food

Es Selendang Mayang

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es selendang mayang :
750 ml Air
2 lembar Daun Pandan
100 gram Tepung Hunkwe
15 ml Air Daun Suji, dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
50 gram Tepung beras
3 tetes Pewarna Merah muda
2 tetes Pewarna Hijau tua

Bahan untuk membuat sausnya :
150 gram Gula Pasir
1 lembar Daun Pandan
3 tetes Pewarna Merah
100 ml Air

Bahan untuk kuah santan :
500 ml Santan dari 1 butir Kelapa
½ sendok teh Garam
2 lembar Daun Pandan

Bahan pelengkap :
600 gram es batu yang sudah diserut
Nah setelah semua bahan-bahannya anda siapkan, silahkan anda simak bagaiman cara membuat es selendang mayang yang segar ini.

Cara membuat es selendang mayang yang segar :
1. Pertama anda rebus terlebih dahulu air daun pandan, tepung hunkwe, tepung beras, vanili dan garam sambil anda aduk hingga meletup letup lalu anda bagi adonannya menjadi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah, lalu bagian kedua anda tambahkan pewarna hijau dan air daun suji dan bagian ketiga anda biarkan bewarna putih.
2. Nah kemudian anda tuang adonan hijau kedalam loyang 24cm x 10cm x 4cm yang telah diolesi dengan minyak kemudian ratakan, tuangkan adonan berwarna putih diatasnya, tuang lagi adonan bewarna merah diatasnya dan diamkan hingga dingin, lalu anda potong sesuai dengan selera anda.
3. Selanjutnya anda buat bahan untuk sausnya, caranya yaitu anda rebus semua bahan-bahan untuk keperluan sausnya sambil sesekali diaduk hingga mendidih lalu anda angkat dan dinginkan.
4. Tak lupa anda buat juga kuah santannya, caranya yaitu anda rebus santan bersamaan dengan daun pandan dan garam sambil diaduk hingga mendidih lalu anda angkat dan dinginkan.
5. Nah untuk cara penyajiannya yaitu pertama anda siapkan mangkuk kemudian anda ambil potongan dari adonannya, kemudian anda siramkan saus dan santannya serta tambahkan es batu yang sudah diserut.
Sumber : FB Endang Werdiningsih

Leave a Response