PUANPERTIWI
Culture

Dua Dari Lima Kasus Bunuh Diri Wanita Di Dunia Terjadi Di India

puanpertiwicom- Hasil penelitian itu mengatakan bahwa tingkat bunuh diri di Negeri Hindustan merupakan akibat dari krisis kesehatan masyarakat. Meski angka kematian wanita India yang meninggal karena bunuh diri telah menurun sejak 1990, tetapi hal itu tidak secepat di tempat lain di dunia. Bahkan saat ini, isu terkait mewakili 36,6 persen dari total tingkat mortalitas wanita global, tulis laporan di jurnal medis asal Inggris tersebut.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (14/9), wanita India yang meninggal karena bunuh diri lebih cenderung berasal dari mereka yang berstatus menikah, berasal dari negara bagian yang lebih maju dan, dengan selisih besar, berusia di bawah 35 tahun.

“Ini menunjukkan bahwa wanita di India berada dalam masalah serius,” kata Poonam Muttreja, Direktur Eksekutif dari Population Foundation of India, sebuah kelompok pemerhati kesehatan masyarakat.

Dia dan para spesialis lainnya menyalahkan kecenderungan pada pernikahan dini –seperlima wanita India masih menikah sebelum usia 15 tahun– bersama dengan kekerasan rumah tangga, dan gejala lain terkait budaya patriarkal yang masih tertanam kuat.

Penelitian terkait juga menyebut bahwa tingkat bunuh diri di kalangan wanita India tiga kali lebih tinggi dari negara dengan geografi dan indikator sosial ekonomi serupa.

Reporter: Zacky

Leave a Response