PUANPERTIWI
Event & Info

Workshop Rencana Pembelajaran Menghadapi Era Generasi 4.0

Jakarta, puanpertiwi.com- Dalam rangka menyukseskan kemampuan guru dalam merancang program pengajarannya agar sesuai dengan kemajuan dan tuntutan teknologi maka SMP Negeri 1 Kalitengah mengadakan Workshop Pembelajaran. Workshop ini sendiri berlangsung mulai tanggal 3 sampai 4 Januari 2019.

Tema workshop yang diusung adalah ” Kemampuan Guru Menyusun RPP Abad XXI”. Menurut Drs. Sukahar, M. M, selaku Kepala SMP Negeri 1 Kalitengah, mengatakan bahwa tujuan utama workshop ini adalah menyiapkan kemampuan, pemahaman, serta keterampilan guru dalam mendesain Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang menjadi tugas dan kewajibannya agar familiar dengan teknologi terkini. Apalagi, yang dihadapi sekarang adalah generasi milenial, bahkan sudah masuk Era 4.0.

Workshop ini menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Drs.Adi Suwito, M. Pd dan para Pengawas Bina, yaitu Drs. Wiwib Dwi Patriadi, M. Pd dan Drs. Fuad Effendi, M. Pd. Adi Suwito dalam penjelasannya memaparkan dan menjelaskan Permendiknas Nomor 15 Tahun 2018, tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas.

Berdasarkan Permendikbud tersebut, khususnya Pasal (2) dinyatakan bahwa beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, serta Pengawas adalah 40 jam per satu (1) minggu pada satuan administrasi pangkal.

Desain RPP yang berbasis teknologi dikupas oleh Drs. Wiwib Dwi Patriadi, M. Pd, sedangkan RPP yang berbasis Adiwiyata dan berkarakter disampaikan oleh Drs. Fuad Effendi, M. Pd.

Selesai pemaparan materi maka semua guru melaksanakan diskusi dan membuat aerta mendesain Rencana Pembelajaran yang diaesuaikan dengan tuntutan teknologi yang dimaksud.

Reporter: Zacky

Leave a Response