PUANPERTIWI
Shop

Tampil Unik Dengan Balutan Sulam Tumpar dan Tas Anyaman Kutai Barat

Puanpertiwi.com – Bosan ke kantor atau kampus dengan tampilan begitu begitu saja? Anda bisa mencoba tampil lebih berwarna dengan Sulam Tumpar khas dari Kutai Barat, Kalimantan Timur.


Kain unik khas Kalimantan Timur ini memiliki corak yang beragam dengan warna-warna cerah. Sulam tumpar sendiri merupakan bordiran atau sulaman hias yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang.
Selain sulaman, hiasan juga bisa menggunakan bahan-bahan lain seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung dan payet. Namun di Kalimantan, sulam Tumpar menggunakan bahan alam, yaitu dari pohon ulap doyo yang banyak tumbuh di sana dan digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti tenun badong tancep, tenun ulap doyo dan sulam tumpar.

Yang membuat sulaman ini unik adalah corak warna, bentuk, serta tingkat kesulitan membuatnya. “Semuanya dilakukan dengan menggunakan tangan tanpa bantuan mesin,” ujar Rosalina Supina, salah satu pengrajin Kutai Barat saat ditemui di Pameran Kriyanusa DEKRANAS 2017, Senayan, Jakarta (27/09).


Selain dalam bentuk kain, Sulam Tumpar  diaplikasikan ke berbagai barang seperti tas, pakaian, hingga hiasan dinding. Aneka ragam corak seperti flora dan fauna menambah cantik kain sulaman yang banyak memikat hati.

Selain Sulam Tumpar, tampilan Anda akan semakin clasic dengan tas dari anyaman rotan. Tas unik ini bisa dipakai saat acara formal ataupun informal. Dianyam dengan tangan, namun kuat.


Jika Anda sedang berkunjung ke Kalimantan, Anda akan dengan mudah menemui sulaman aulam Tumpar dan tas anyaman ini. Jika tidak, saat ini bisa dilihat di pameran Kriyanusa 2017 yang berlangsung mulai hari ini hingga 1 Oktober mendatang di Balai Sidang Jakarta Convention Center.
Reporter: Dian

Leave a Response