PUANPERTIWI
Parenting

Si Kecil Kecanduan Gadget? Ini 5 Cara Menangkalnya!

puanpertiwi.com – Dampak kecanduan selalu tak menyenangkan. Ketika si Kecil kecanduan gawal atau gadget untuk main game, ia bisa lupa segala. Lupa makan, lupa mandi, lupa belajar dan asyik sendiri. Ia akan kehilangan peluang untuk mengembangkan diri dengan lingkungannya.
Nah, lakukan sesuatu untuk mengatasi kecanduannya dengan cara positiff

1. Beri mainan alternatif
Kalau mainan boneka atau mobil-mobilan telah bosan, Anda bisa mengajaknya untuk memilih mainan yang lebih seru baginya. Sesuatu yang merangsang kreatifitasnya. Misalnya, boneka atau robot yang bisa dirakit, sepatu roda, sepeda, kolam renang mini dan semacamnya.

2. Biarkan ia bersosialisasi dengan teman di luar
Asal Anda tahu siapa teman-temannya, apa dan dimana serta dengan siapa ia bermain, maka hal ini tidak hanya akan membuat kegembiraan baru baginya. Namun juga Anda merasa nyaman.
Terkadang bisa juga Anda panggil teman-temannya ke rumah Anda untuk main bersama. Ini tentu akan lebih aman.

3. Batasi saat main gadget
Anda perlu mendiskusikan hal ini dengannya. Ia boleh main gadget pada saat yang telah ditentukan. misalnya seusai belajar. Dan lamanya setengah jam atau satu jam.
Anda harus dengan sabar mengingatkan ketika saat yang telah disepakati tiba agar ia berhenti bermain.

4. Luangkan waktu esktra untuknya
Ajak melakukan hal-hal menyenangkan bersama. Mendengarkan ceritanya, melukis dengan pinsil warna yang baru Anda hadiahkan. Atau melakukan kegiatan di luar rumah, misalnya berenang, jalan-jalan, bersepeda bareng, berkebun dan sebagainya.

5. Beri kesibukan positif
Ajak dia menambah wawasan dengan memberinya les sesuatu yang disukainya. Misalnya menari, menyanyi, les bahasa Korea, les menggambar manga dan sebagainya. Dengan beberapa kesibukan, maka waktunya yang longgar tak akan membuatnya bosan dan kembali pada mainan gadgetnya lagi.

Reporter : gilz

Leave a Response