PUANPERTIWI
Health

Payudara Besar Sebelah Apakah Pertanda Penyakit?

puanpertiwi.com- Menjaga gaya hidup agar tetap sehat memang susah-susah gampang. Tentunya, akan banyak manfaat yang kamu dapat, termasuk kesehatan payudara pada wanita. Tak hanya sehat, payudara yang besar menjadi dambaan kaum wanita. Namun, bagaimana kalau porsi hanya sebelah? Apakah pertanda penyakit?

Dilansir dari klikdokter, ternyata tidak semua kasus besar di sebelahkan oleh kanker. Pada prinsipnya, pertumbuhan payudara setiap wanita akan berakhir 5 tahun setelah mendapatkan haid pertama. Jadi, bisa saja payudara masih di masa pertumbuhan. Hampir 90% wanita di dunia memiliki payudara yang berbeda ukuran. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena hal ini merupakan hal yang normal. Ukuran payudara kanan dan kiri bisa dianggap wajar jika memiliki angka hingga 20%.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi besar, salah satunya adalah karena kamu sedang mengalami siklus haid. Saat Anda mendaki ovulasi, ukuran payudara akan bertambah karena retensi (penyimpanan) cairan, dan peningkatan aliran darah ke payudara.

Selain itu, trauma juga bisa menjadi faktor mengapa payudara bisa berbeda ukuran. Jika trauma saat berkembang, maka pembesaran payudara bisa disebabkan oleh peradangan. Namun yang paling parah adalah saat adanya infeksi yang menyebabkan bengkak pada payudara. Biasanya ini dilakukan dengan kata kunci kemerahan, panas, dan nyeri. Misalnya saja mastitis atau abses payudara.

Reporter: Zacky

Leave a Response