PUANPERTIWI
Food

Nikmatnya Teh Talua Khas Minang

puanpertiwicom- Teh Telur atau kerap disebut teh talua merupakan minuman tradisional khas Sumatra Barat yang terbuat dari campuran gula dan kuning telur yang telah dikocok hingga berbusa putih disiram dengan air teh kental mendidih. Rasanya kian nikmat dengan campuran krimer kental manis, bubuk coklat, dan perasan jeruk nipis.

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin akan beranggapan minuman ini amis. Namun, begitu mencoba perpaduan rasa teh dicampur telur akan menciptakan sensasi rasa seperti minuman coklat kelas satu. Dapat dipastikan kekhawatiran akan rasa amis itu sirna begitu mencoba tegukan pertama, karena telah hilang oleh campuran perasan jeruk nipis.

Untuk membuat teh telur ada yang mengocok kuning telurnya menggunakan lidi yang telah diikat. Setelah dicampur gula secukupnya dalam waktu tak kurang dari 10 menit adukan tadi akan berubah warna menjadi putih dan penuh busa. Telur yang digunakan pun variatif bisa telur ayam kampung, ayam negeri hingga telur bebek.

Ada juga yang mengocok kuning telur menggunakan alat berbentuk pegas dan yang lebih praktis menggukan mikser mesin pembuat kue sehingga lebih cepat. Setelah itu tinggal menuangkan teh kental mendidih ke dalam gelas.

Reporter: Zacky

Leave a Response