PUANPERTIWI
Food

Nasi Kare Jepang

Kari memang berasal dari India dan daerah lainnya di kawasan itu, tapi mencampurkan bubuk kari dengan tepung terigu menjadi roux dikembangkan orang Inggris yang kemudian memperkenalkannya ke Jepang.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)
Bahan roux
300 gram bawang bombay
10 gram jahe
2 sdm minyak goreng
20 gram mentega
3 sdm tepung terigu
1 sdm saus tomat
1½ sdm bubuk kari
Sedikit garam

Bahan isi saus kari
300 gram daging paha ayam
1 sdt bubuk kari
1 sdt tepung terigu
1½ sdt garam
¼ apel
100 gram wortel
200 gram kentang
4 gelas (800 ml) air

Bahan taburan
1 buah terung
6 batang buncis
1 buah zukini
Minyak goreng untuk menggoreng

Nasi yang akan disajikan bersama kari

Persiapan
1. (Roux)Iris halus bawang bombay dan jahe. Panaskan 2 sdm minyak pada penggorengan lalu tumis bawang. Bila bawang telah berubah menjadi transparan, masukkan jahe dan masak di atas api sedang sampai bawang berwarna kecoklatan. Aduk terus-menerus dengan spatula kayu.
2. Tambahkan mentega dan tepung terigu. Masak hingga tepung berwarna kecoklatan. Masukkan saus tomat. Matikan api atau angkat penggorengan dari kompor sebelum mengaduknya dengan bubuk kari.
3. (Saus Kari)Potong-potong bentuk dadu daging ayam ukuran 2-3 cm lalu bumbui dengan bubuk kari.
4. Potong dadu kentang dan wortel ukuran 2 cm. Rendam kentang. Buang bagian biji apel lalu parut.
5. Panaskan 1 sdt minyak di atas penggorengan. Goreng ayam di atas api sedang hingga berwarna kecoklatan. Tambahkan wortel lalu masak lagi sebentar.
6. Tambahkan 4 gelas air, parutan apel dan biarkan mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api, tutup penggorengan dan masak di atas api kecil selama 15 menit.
7. Ambil sedikit kuahnya lalu masukkan ke dalam roux. Aduk sampai kental kemudian masukkan ke dalam penggorengan lalu tambahkan kentang. Masak sampai kentangnya lunak. Bumbui dengan garam.
8. (Taburan)Potong-potong terung menjadi bulatan dengan lebar 2 cm. Belah dua zukini secara memanjang lalu iris dengan lebar 2 cm. Bersihkan buncis lalu potong-potong dengan panjang 4 cm. Goreng semua sayuran tadi.
9. Untuk menyajikannya, tempatkan nasi pada satu sisi masing-masing piring. Tuangkan saus kari di pinggiran nasi lalu taburi dengan sayuran goreng.
Sekilas Informasi
Kari di Jepang
Kari memang berasal dari India dan daerah lainnya di kawasan itu, tapi mencampurkan bubuk kari dengan tepung terigu menjadi roux dikembangkan orang Inggris yang kemudian memperkenalkannya ke Jepang. Kebanyakan rumah tangga di Jepang membuat kari dari berbagai macam roux kari siap masak yang tersedia di pasar-pasar swalayan di Jepang. Ada berbagai macam rasa roux siap masak, dari yang pedas sampai yang manis. Ada juga roux dengan cita rasa India serta cita rasa ala Thailand yang dicampur santan.

Ada banyak variasi setempat yang mencerminkan berbagai macam bahan khas daerah-daerah di Jepang. Di Hiroshima, ada kari dengan tiram, sementara apel tampil menyolok pada kari di daerah produsen apel, Aomori.  

Kari tidak hanya disajikan dengan nasi. Orang Jepang memunculkan berbagai macam kombinasi yang menarik. Misalnya kari dituangkan pada semangkuk mi soba atau udon. Kari juga biasa menjadi bahan isi untuk roti goreng dan kroket.  

Sumber : FB Endang Werdiningsih

Leave a Response