PUANPERTIWI
Story

Kisah Steven Callahan. Bertahan 76 Hari Di Tengah Laut Seorang Diri

puanpertiwi.com- Kisah seorang pria bernama Steven Callahan berawal dari niatnya untuk melakukan perjalanan keliling dunia dengan perahu untuk menghilangkan rasa sakit setelah perceraiannya. Dia merancang perahunya sendiri dan memberinya nama Napoleon Solo.
Seperti dilansir Outdoorrevival, perjalanan epik Callahan dimulai dari Newport, Rhode Island pada 1981 dalam perahu kecilnya sepanjang 21,3 kaki yang kemudian berlayar ke Bermuda. Dan kemudian ke Inggris yang dia capai dengan selamat. Callahan kemudian meninggalkan pelabuhan Inggris yang terkenal di Cornwall bertujuan untuk ke Antigua.

Sayangnya, gelombang cuaca buruk merusak Napoleon Solo cukup parah. Setelah berhenti sebentar di mana Callahan mulai memperbaiki perahunya, dia memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya melalui Spanyol dan Portugal yang keluar dari Madeira dan Canaries.

Setelah berhenti di Canneries, Napoleon Solo berangkat ke Antigua pada 29 Januari 1982. Setelah seminggu ke dalam perjalanannya, perahu Callahan bertabrakan dengan objek yang tidak dikenal yang kemungkinan besar ikan paus raksasa.

Tabrakan menyebabkan kerusakan besar pada struktur perahu. Callahan harus meninggalkan perahu utama dan meninggalkannya untuk tenggelam setelah melarikan diri ke perahu kecil.

Dia berenang ke perahu yang tenggelam untuk mendapatkan benda-benda yang diperlukan seperti pistol, solar, dan hal-hal lain yang dianggapnya dapat membantu dalam jangka panjang.

Keputusan mempersiapkan yang terburuk ini sebenarnya berkontribusi besar dalam menyelamatkan hidup Callahan. Dia bertahan hidup dengan perahu kecil, tanpa makanan dan air sejauh 800 mil di sebelah barat Canary di tengah Atlantik tanpa arah.

Setelah menghabiskan 76 hari di Atlantik, Callahan akhirnya diselamatkan tetapi butuh beberapa minggu lagi sebelum dia bisa berdiri dengan tegak dan beberapa lagi untuk berjalan dengan benar lagi. Kisah perjuangan Callahan yang bertahan di tengah laut selama puluhan hari itu pun viral dan kisahnya dituangkan dalam sebuah buku yang berjudul ‘A Drift Steven Callahan Seventy-Six Days Lot At Sea.’
Reporter: Zacky

Leave a Response