PUANPERTIWI
Story

Kisah Hantu Abraham Lincoln Gentayangan Di Gedung Putih

Puanpertiwi.com– Siapa sangka rumah dinas yang ditempati Presiden Donald Trump dan presiden sebelummnya ternyata mempunyai kisah seram. Bangunan yang menjadi pusat pemerintahan negara adidaya ini tidak terlepas dari kisah seram yang menyelimutinya.

Pengalaman mistis ini dialami oleh para presiden yang pernah mendiami White House. Sejumlah penampakan dikabarkan kerap terjadi di sejumlah ruangan yang berada dalam bangunan yang telah berusia 219 tahun ini.

Puanpertiwi merangkum beberapa sumber bahwa, Penampakan yang paling terkenal adalah hantu Abraham Lincoln yang konon seringkali menampakkan diri.

Abraham Lincon adalah Presiden As yang ke -16 yang meninggal dunia karena dibunuh pada April 1865.

Seperti dikutip dari The Vintage News, penampakan Lincoln yang paling terkenal dialami oleh Ratu Wilhelmina dari Belanda. Waktu itu tahun 1942, Sang Ratu sedang menginap di salah satu kamar di Gedung Putih. Malam hari, dia mendengar suara langkah kaki dari lorong. Disusul oleh ketukan pintu kamarnya.

Ratu Wilhelmina menjawab ketukan tersebut, dia kemudian membuka pintu. Tiba-tiba sosok Abraham Lincoln sudah berdiri di depannya, mengenakan jubah dan topi tinggi yang sering dipakainya.

Grace Coolidge, istri Presiden Calvin Coolidge juga menjadi orang pertama yang terang-terangan mengaku melihat arwah tokoh penentang perbudakan itu. Atau, setidaknya, ia merasakan kehadiran Abraham Lincoln.

Ia melihat sosok tinggi, kurus, dan ramping yang diduga Lincoln di jendela di Oval Office, menatap ke kejauhan, ke seberang Sungai Potomac, yang pernah menjadi medan pertempuran dalam Perang Saudara AS.

Bukanya hanya Ratu Wihelmania dan Grace Coolidge saja yang pernah merasakan hal serupa, namun ternyata mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill juga jadi saksi penampakan hantu Lincoln. Saat dia di suatu malam sehabis mandi, ia menghisap cerutu sambal keluar ke kamarnya. Betapa kagentnya saat itu Churchill mendapati sosok Lincoln sedang duduk di dekat perapian di dekat kamarnya.

“Good evening, Mr President. You seem to have me at a disadvantage,” Churchill berkisah. Itulah kalimat yang diucapkan hantu Lincoln sambil menghisap cerutu. Dia kemudian tersenyum kemudian menghilang.

Tak hanya ‘menghantui’. Rumor menyebutkan, Lincoln juga dihantui. Oleh bayangannya sendiri.

Dalam  bukunya, Washington in Lincoln’s Time (1895), Noah Brooks mengklaim mendengar kisah mengerikan dari Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln.

Suatu hari, setelah pemilu 1860 yang memilihnya sebagai penguasa Gedung Putih, Lincoln pulang ke rumah dalam kondisi lelah.Ia pun melempar dirinya ke sebuah sofa. Istirahat.

Matanya lalu terpaku ke arah lemari pakaian. Ke cermin yang tertempel di pintunya. Ia melihat bayangannya di sana.”Saat melihat cermin, aku melihat refleksi diriku yang nyaris penuh. Namun, wajahku…aku melihat ada dua bayangan (muka) yang berbeda,” demikian penuturan yang diklaim berasal dari Lincoln, seperti dimuat dalam buku tersebut, seperti dikutip situs WesclarkLincoln.

Ia sempat menceritakan pengalamannya pada sang istri, Mary Todd Lincoln yang langsung tertawa mendengarnya.

Perempuan itu menebak, itu adalah ‘pertanda’ bahwa suaminya akan terpilih kembali sebagai Presiden AS. Dan bahwa ia tak akan menyelesaikan masa jabatan keduanya itu.

‘Ramalan’ itu benar.

Orang kerap mengaitkan kisah tersebut dengan akhir tragis Presiden ke-16 AS tersebut. Lincoln tertembak di teater Ford, Washington pada 14 April 1865 dan meninggal keesokan harinya tanggal 15 April 1865 pada usia 56 tahun.

Kisah seram penampakan hatu di gedung putih ternyata bukan hanya arwan Lincon saja, ternyata arwah seperti Abigail Adam istri dari Presiden AS John Adams. Hantu Presiden Andrew Jackson dan Presiden Harry Truman pernah menampakan dirinya di gedung putih. Sampai saat ini, berbagai kisah penampakan masih beredar di Gedung Putih.

Reporter : Kohar

Leave a Response