PUANPERTIWI
Health

Jangan Tahan Kentut Jika Tak Ingin Pinggang Membesar

puanpertiwi.com- Pernah kentut di tempat umum? Yap, pasti sebagian orang pernah tak sengaja kentut dalam keramaian. Tentunya ada perasaan malu yang teramat ketika kamu ketahuan orang sekitarmu keceplosan kentut.

Sebenarnya kentut memang harus segera dilepaskan dan tak dianjurkan ditahan. Sebab kesehatanmu pasti akan terganggu. Seperti lansiran dari laman Kumparan, Clare Collins, dosen nutrisi dan makanan di University of Newcastle, menulis di The Conversation mengenai apa yang akan terjadi bila seseorang menahan kentutnya.

Kentut atau disebut juga flatus adalah gas yang berasal dari usus yang masuk ke rektum karena proses pencernaan dan metabolisme tubuh, dan keluar melalui anus. Bakteri usus melakukan proses yang disebut fermentasi pada sisa makanan yang berada di usus besar. Proses ini menghasilkan gas dan asam lemak. Asam lemak dapat digunakan untuk metabolisme yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan mencegah penyakit. Sementara itu, gas yang tersisa akan diserap kembali dan dapat dikeluarkan melalui pernapasan atau menjadi kentut.

Saat mencoba untuk menahan kentut, akan terjadi tekanan di dalam perut dan membuat perut terasa sangat tidak nyaman. Menahan kentut juga dapat menyebabkan distensi abdomen atau penumpukan zat di perut, dalam hal ini gas. Penumpukkan zat gas ini akan menyebabkan perut atau pinggang membesar, lebih dari ukuran normal.

Reporter: Zacky

Leave a Response