PUANPERTIWI
Fashion

Humbang Shibori X Purana Angkat Eco Fashion Ke Jakarta Fashion Week 2019

Jakarta, puanpertiwi.com- Dalam era fast fashion sekarang ini mendefinisikan pakaian ready ro wear menjadi semakin murah. Dampak dari fast fashion ini menyebabkan issue lingkungan hingga tenaga kerja. Karenanya, barand fashion Humbang Shibori dan Purana berkolaborasi untuk mempersembahkan karya eco fashion yang ditampilkan di Jakarta Fashion Week 2019.

Kain yang digunakan berbasis serat alami seperti katun, sifon, dan sutra. Proses pewarnaan menggunakan tumbuhan yang berasal dari daerah setempat seperti daun, kayu, kulit pohon, kulit kopi, kulit jengkol, dan bahan alami lainnya.

Sebanyak 48 koleksi dengan satuan items yang sangat komersil mewarnasi koleksi Humbang Shibori X Purana di JWF hari ke 6. Shibori natural dye karya pengrajin Humbang Shibori diolah dengan campuran linen menjadi deretan busana bergaya resort yang sangat releks dan siluet yang sangat memanjakan perempuan.

“Kami berusaha menerapkan Zero Waste Fabric dalam koleksi ini. Dan Humbang Shibori X Purana ingin menghadirkan koleksi yang masuk akal dan menjual untuk kemajuan pengrajin kain dari Humbang Hasundutan” tutur Dumasi M Samosir selaku Direktur PT.Asuransu Sinar Mas sekaligus Pembina Rumah Kreatif Sinar Mas di Sumatera Utara dalam konferensi pers, Kamis, (25/10/18).


Sederet sizeable item dengan mekanisme sizing yang fleksibel membuat nilai jualnya semakin tinggi. Sejumlah items signature Purana seperti sarong pants, outerwear jacket, kimono, wrap dress, jumpsuit menghadirkan look yang kasual namun mewah tanpa adanya beading ataupun elemen yang mengkilap. Sisa kain diolah menjadi oversized origami dan tote bag besar juga deretan sendal berdetail tassel yang juga dikreasi Purana.

Reporter: Zacky

Leave a Response