PUANPERTIWI
Food

Hati-Hati Tambah Gendut! 7 Makanan ini Tidak Disarankan Untuk Makan Siang

Puanpertiwi.com – Anda selalu mendengar bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting. Tapi apa yang Anda makan saat makan siang juga dapat menghancurkan sebagian besar hari Anda juga loh! Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari saat makan siang. Selain biar tak tambah berat badan, hal ini juga bisa buat Anda tidak ngantuk.

Pilihan kombinasi makanan yang tepat saat makan siang, dapat mempertahankan energi sepanjang hari. Menurut, Brian St. Pierre, M.S., R.D., C.S.C.S. selaku direktur nutrisi kinerja pada Nutrisi Presisi, bagaimana perasaan Anda setelah makan siang, sangat bergantung pada apa yang Anda muat di piring Anda.

Berikut adalah 7 makanan yang harus Anda hindari saat makan siang dan makanan pengganti yang bisa jadi pertimbangan Anda,

1. Roti Putih

Jika Anda memilih sandwich sebagai menu makan siang dengan bahan yang tepat, itu bisa menjadi makanan yang sehat dan memuaskan. Tapi hindari, roti putih sebagai bahan utamanya. Dengan serat yang sangat sedikit dan indeks glisemik tinggi (GI), roti putih cenderung akan membuat gula darah Anda melonjak. Untuk itu, beralihlah ke roti gandum untuk meningkatkan serat dan nutrisi Anda. Roti gandum memilik kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan roti putih. Selain itu roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu memperbaiki kadar gula darah, dan mencegah obesitas.

2. Mayones

Hindari menu dengan tambahan mayonese. Satu satu sendok makan mayonese dalam menu makan siang Anda, sama saja menambah 100 kalori di menu tersebut. Karena bahan mayonese hampir semua lemak. Jadi lebih baik dihindari ya!

3. Yogurt Varian Rasa

Yoghurt biasanya diklasifikasikan sebagai “makanan sehat”. Dengan beberapa varian rasa akan membuat Yogurt lebih manis. Tapi, tahu kah Anda beberapa variasi rasa bisa membawa satu ton gula tambahan? Jim White, R.D., owner of Jim White Fitness Studios, menerangkan variasi buah dalam yogurt mungkin lebih banyak mengandung gula daripada sekaleng soda. Plus, yogurt varian rasa mengandung sedikit serat.

Untuk itu, jika tetap ingin memilih Yogurt, tambah potongan buah yang Anda buat sendiri. Kombinasi ini, memberikan sedikit gula dan menawarkan lebih banyak serat, protein, dan lemak sehat.

4. Minuman Manis

Soda bukan satu-satunya minuman manis yang perlu Anda hindari saat makan siang. Minuman energi atau minuman manis lainnya memuat gula tambahan juga. Itu berarti Anda bisa kelebihan kalori dalam prosi makan siang Anda. Belum lagi, minuman ini juga bisa melonjak kadar gula darah Anda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, minuman manis saat makan siang setidaknya bisa menambah berat badan dan obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kerusakan gigi.

Untuk itu, tukar minuman manis Anda dengan air mineral atau teh herbal. Setidaknya itu bisa menghemat 140 kalori sehari. Jika Anda menginginkan sedikit karbonasi, pilihlah air mineral berkarbonasi nol kalori dengan irisan jeruk nipis atau lemon.

5. Pasta

Menu pasta tidak jahat, tapi makan pasta untuk makan siang tanpa protein tambahan tidak akan membuat perut Anda kenyang sampai sore hari. Jadi lebih baik pilih satu porsi pasta gandum saja. Tambahkan sayuran, seperti brokoli yang ditumis dengan minyak zaitun, dan protein, seperti ayam. Dengan cara ini, Anda mendapatkan beberapa karbohidrat, protein, dan sedikit lemak untuk makanan yang lebih seimbang.

6. Chips (keripik)

Saat malas makan keluar, mungkin Anda memilih Chips (keripik) sebagai menu makan siang Anda. Tapi, tau kah jika makan ini merupakan makanan ringan atau camilan yang tidak memiliki kalori, serat atau protein. Makanan ini juga memiliki banyak minyak dan garam untuk membuat chips makin renyah. Nah jika, Anda menginginkan sesuatu yang gurih dan renyah, pilih buncis panggang atau keripik kacang polong untuk sumber protein dan serat yang lebih baik. Atau, pilih camilan segenggam kacang panggang, karena menu ini menyediakan banyak lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, magnesium, serat, dan protein.

7. Burger dan kentang goreng

Kedua makanan ini dapat melonjakkan jumlah kalori yang ada di dalam tubuhmu. Hal ini akan berdampak tidak baik untuk kesehatan dan berat badan tubuh. Selain itu keduanya mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Jadi, Apa menu makan siang Anda?

Reporter: Dian

Leave a Response