PUANPERTIWI
Food

Es Krim Jamu Dari Banjarbaru

puanpertiwi.com- Jika biasanya kita menikmati es dengan varian rasa cokelat, vanila, atau strawberry, maka es krim yang satu ini berbeda dari rasa es kirm pada umumnya. Bagaimana tidak, di kampung pengolah jamu yakni Banjarbaru, Kalimantan Selatan ada es krim yang dibuat dari bahan jamu. Kok bisa?

Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan mengatakan, es krim rasa jamu semakin menambah produk olahan berupa jamu di kampung pembuat jamu itu. “Banjarbaru punya kampung Pejabat atau pengolah jamu Loktabat sehingga produk es krim rasa jamu ini semakin memperkenalkan nama kawasan di Kelurahan Loktabat Selatan itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, peluncuran produk baru berbahan es krim kombinasi jamu dilakukan, bersama Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof H. Sutarto Hadi, yang mendukung produk tersebut.

Dijelaskan, Pemkot memfasilitasi pola kemitraan antara Fakultas MIFA dari ULM bersama pembuat jamu dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar produk dan kampung “Pejabat” makin dikenal. “ULM menyiapkan tempat khusus berupa outlet yang menjual produk es krim rasa jamu, selain itu memberikan bantuan dana untuk pengembangan kampung tematik ini,” ungkapnya.

Menurut dia, kampung “Pejabat” merupakan salah satu kampung tematik yang dimiliki Banjarbaru dengan produk olahan jamu menggunakan bahan-bahan alami yang diolah secara tradisional.

Disebutkan, produk jamu tradisional yang dikembangkan merupakan inovasi bidang kuliner dan sesuai dengan konsep 3F yang digaungkan Wali Kota Nadjmi Adhani yakni Food, Fashion and Fun.

Reporter: Zacky

Tags : foodNews

Leave a Response