PUANPERTIWI
Fashion

Batik Go International Lewat “Batik For The World” di Paris

puanpertiwi.com- Batik memang menjadi kebanggan dan identitas masyarakat Indonesia. Dan sejak batik diresmikan dan dikukuhkan oleh UNESCO dalam Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity tentang warisan budaya tak benda di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009, batik sebagai kain peradaban yang memiliki nilai historis, harus dilestarikan sebagai nilai-nilai budaya luhur nenek moyang.


Hal ini mendorong seorang Oscar Lawalata untuk menggelar Batik For The World yang akan berlangsung pada 6 – 12 Juni 2018 di UNESCO, Paris, Perancis yang menunjukkan kembali kekayaan, perkembangan dan sejarah Batik Indonesia dengan menghubungkannya kepada pengrajin batik dan seni fesyen pada masa kini.
Kita semua kenal batik, dari kain yang lain industrinya mungkin paling pesat. Kita juga sudah dihargai dunia, dan kita berdayakan terus, batik itu berkembang dari tradisional sampai kontemporer. Kita Indonesia pun bangga untuk itu, tapi itu baru di Indonesia. Bangsa dunia belum tahu akhirnya saya ingin bawa ke UNESCO,” kata Oscar pada awak media di Galeri Karya Indonesia, Jakarta, Selasa (8/5).


Dua tahun lamanya Oscar Lawalata menggagas konsep untuk bisa memamerkan batik di kantor pusat UNESCO di Paris ini. Melalui acara tersebut, Oscar dengan keterlibatan para partner beserta dua desainer Indonesia Edward Hutabarat dan Denny Wirawan, siap membawa batik ke dunia internasional Juni 2018 mendatang.
Reporter : Ranov

Leave a Response