PUANPERTIWI
Event & Info

Aplikasi Ini Bisa Sulap Handphone Jadi Mata-Mata

Puanpertiwi.com – Belum lama ini, Edward Snowden mantan pegawai Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) meluncurkan aplikasi baru bernama Haven. Yaitu, sebuah aplikasi yang memungkinkan handphone Anda berubah layaknya mata-mata untuk melawan pembajakan.

Cara kerja aplikasi tersebut persis seperti sistem pengawasan alias surveillance system pada umumnya dengan memanfaatkan kamera handphone, perekam audio, dan sensor akselerometer yang berfungsi mendeteksi pergerakan yang mencurigakan.

Edward mengembangkan aplikasi Haven bekerja sama dengan komunitas yang memang peduli terhadap keamanan privasi, yakni The Guardian Project dan Freedom of The Press.

Tujuannya adalah agar handphone bisa jadi perpanjangan mata dan telinga masyarakat untuk menjaga barang-barang berharga milik mereka sendiri.

Sementara menurut seorang anggota Freedom of the Press Micah Lee, mengatakan jika aplikasi tersebut masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih ada kendala-kendala yang terjadi seperti akses internet yang harus konstan untuk menerima notifikasi, baterai cepat boros, serta mereduksi false alarm.

Disisi lain, Haven menawarkan sesuatu yang baru untuk menjamin rasa aman bagi masyarakat.

Reporter: Bintang

Leave a Response