PUANPERTIWI
Women in Action

Anna Mariana Merancang Seragam Baru Dekranasda Sulsel


Jakarta, puanpertiwi.com – Beberapa waktu lalu, desainer Anna Mariana melakukan soft Launching tenun songket Balimagista (Bali Makassar Bugis Toraja) dalam bentuk fashion show di Hotel Sheraton, Makassar, Sulawesi Selatan pada 14 Desember 2018 sekitar pukul 09.00 WITA.

Dalam rilis yang diterima oleh puanpertiwi.com dijelaskan bahwa dalam acara tersebut hadir istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Hj Mufidah Jusuf Kalla, ketua Dewan Keranjinan Nasional (Dekranasda) Prov SulSel, Ir Hj Lies F Nurdin Abdullah dan sejumlah tamu Dekranasda baik dari Pusat maupun dari Dekranasda Provinsi Sulsel.

untuk memperkenalkan keindahan dan keistimewaan desain inovasi baru karyanya ini, Anna Mariana secara khusus telah merancang baju seragam kerja resmi dan seragam lapangan untuk Dekranasda Propi nsi Sulsel.

“Untuk seragam kerja resmi saya buat setelan blazer dan rok, sementara untuk seragam kerja lapangan, saya desain semi blazer dipadu celana panjang. Ini saya lengkapi pula dengan Tas dari bahan yang sama,” kata Anna Mariana.

Menurut Anna sebelum ini, seragam yang dikenakan para personil Dekranasda Provinsi Sulsel dibuat dari bahan batik. Padahal sebetulnya ciri khas wastra SulSel adalah tenun.

Karena itulah, ketika Balimagista dirancang Anna Mariana, Ibu Ir Hj Lies F Nurdin Abdullah selaku ketua Dekranasda Provinsi Sulsel berinisiatif mengusulkan pembuatan seragam baru, dengan menggunakan bahan dari tenun Balimagista.

“Diharapkan, jika seragam ini sudah dikenakan bisa menjadi ajang promosi bagi masyarakat Sumsel khususnya, maupun masyarakat Indonesia pada umumnya!” ujar Anna Mariana yang merupakan isteri dari Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha, SH, MS, MSc ini.

Lebih jauh Anna mengatakan bahwa menggunakan seragam kerja dengan menggunakan bahan dari tenun handmade ini juga merupakan bagian dari upaya pelestarian budaya. Kalau bukan kita yang mengenakannnya, siapa lagi.

Perjalanan kelahiran tenun Balimagista sendiri terbilang super cepat. Agustus 2018, atas inisiatif PJ Gubernur SulSel Soni Sumarsono diusulkan dibuat tenun kolaburasi Balimagis singkatan dari Bali Makasar Bugis. Dan Anna Mariana ditunjuk untuk mendesain tenun kolaburasi tersebut.

“Kini namanya ditambahkan menjadi Balimagista. Tambahan ‘ta’ sebagai kependekan dari Toraja oleh Ibu ketua Dekranasda Prov SulSel, Ir Hj Lies F Nurdin Abdullah,” kata Anna Mariana.

Dalam fashion show untuk soft launching Balimagista, Anna Mariana yang selama ini dikenal banyak melahirkan desain baru yang spektakuler pada kain-kain tenun dengan beragam motif itu, juga memamerkan sejumlah busana modern yang elegan yang dirancangnya dari tenun Babe (Bali Betawi) dan tenun Makassar.

Di luar itu, berkenaan dengan pengembangan Balimagista yang lebih berkelanjutan di wilayah SulSel, Anna Mariana sengaja mengirim pengrajin tenun binaaannya yang berasal dari Bali untuk dihadirkan di Makassar.

“Para pengrajin yang saya kirim itu memiliki kemampuan menenun tingkat mahir. Mereka akan memberi pembinaan dan pelatihan tenun Balimagista kepada pengrajin tenun yang berada di wilayah Susel,” kata Anna. (Ft: ist)

Leave a Response