PUANPERTIWI
Women in Action

Angeline Magdalena Ticoalu, Atlet Billiard Cantik Dengan Segudang Prestasi

puanpertiwi.com– Olahraga Billiard memang tak begitu popular di Indonesia. Selain karena tak familiar, olahraga ini juga biasanya hanya digemari kaum pria. Tapi jangan salah, atlet billiard kebanggaan Indonesia adalah seorang perempuan lho! Ia adalah Angeline Magdalena Ticoalu. Selain cantik, ia juga punya segudang prestasi membanggakan.

Sebenarnya tidak pernah terlintas sedetik pun dalam benak Angeline Magdalena Ticoalu untuk menjadi atlet biliar profesional. Terlebih saat ia mendapatkan perlawanan dari keluarga soal pilihannya itu. Dan siapa sangka? Perempuan cantik ini justru menjadi pebiliar perempuan yang dijadikan inspirasi banyak orang.

Dengan modal wajah oriental, postur tubuh yang proporsional, perempuan yang akrab disapa Angel ini bisa saja jadi model atau bintang film. Faktanya, karier yang dipilihnya adalah menjadi pebiliar profesional.
Ia pun mengaku hanya sekadar coba-coba saat pertama kali bermain biliar. Kala itu, ia memang kerap diajak teman-temannya untuk menghabiskan waktu bermain biliar usai pulang sekolah.

“Awalnya saya hanya main-main. Lalu, ada manajer sebuah tempat biliar yang melihat saya bermain. Ia bilang bahwa saya berbakat dan bertanya kepada saya apakah ingin latihan serius atau tidak. Saya jawab, ‘Why Not?’ Akhirnya saya mulai mencoba latihan serius,” ujar Angeline saat berbincang di Graha Manggala Siliwangi.

“Pertama kali latihan, ternyata saya suka, jatuh cinta, dan bisa mengikuti instruksi pelatih. Lalu, saya pikir kenapa saya tak menjadi atlet. Dari situ saya sudah berambisi untuk menjadi pebiliar juara.”

Titik cerah awal kariernya mulai terlihat sejak masuk sebagai atlet DKI Jakarta pada 2002. Setahun kemudian, Angel ikut Kejurnas dan langsung memenangkan medali emas. Prestasi itu semakin membuat dara kelahiran 29 Oktober 1984 tersebut percaya diri.
Namun, saat pertama kali memilih biliar sebagai karier, Angel mendapat penolakan dari kedua orangtuanya. Maklum, biliar adalah olahraga yang identik dengan pria pada saat itu. Biliar juga belum popular seperti sekarang.

“Orangtua saya melihat itu sebagai sesuatu yang tak biasa. Namun, setelah mereka melihat saya bermain dan kebetulan saat itu juga banyak wanita yang ikut bermain, akhirnya mereka mengizinkan,” ujar Angel

Setelah mulai naik ke tingkat profesional, berbagai macam prestasi sudah dinikmati wanita yang baru dipersunting Donny Heru pada Juni 2014 itu. Di ajang multievent, ia sudah menikmati medali emas SEA Games. Ia juga rutin selalu tampil di PON sejak edisi 2004. Dan, ia selalu mampu membawa pulang medali.

Sepanjang kariernya, Angel sudah melewati berbagai momen, baik menyenangkan atau menyedihkan. Menurut pengakuannya, momen yang paling tak bisa dilupakannya hingga saat ini adalah saat merebut medali emas SEA Games 2007.
“Tahun lalu saya juga mencapai semifinal di sebuah kejuaraan. Semakin istimewa karena saya mengalahkan tiga juara dunia berturut-turut.”

Kini, 16 tahun sudah dilewati Angel di dunia biliar. Diakuinya, ia juga sempat melewati masa-masa jenuh. Namun, ia memiliki cara untuk menghilangkan pikiran tersebut, yaitu travelling. Saat sedang menjalani kompetisi di luar daerah atau luar negeri, ia selalu menyempatkan diri untuk berjalan-jalan.

Angeline juga melihat perkembangan biliar di Indonesia saat ini sudah sangat bagus. Ia juga senang jika dirinya menjadi inspirasi bagi para pebiliar lain, khususnya perempuan. “Kebetulan, saya selalu mengajak cewek-cewek untuk bisa ikut bermain setiap kali bertanding ke daerah.” Pungkasnya.

Berikut prestasi yang diraih oleh atlet kebanggaan billiard Indonesia ini:
Medali Emas 8 Ball Single SEA Games 2007, di Thailand
Medali Perak 9 Ball Singe SEA Games 2009, di Vietnam
Medali Perak 8 Ball Single SEA Games 2009 di Vietnam
Top 24 10 Ball Women World Championship, Manila, Philippines 2009
Juara Kartini Cup 2011 dan 2012
Top 16, All Japan Championships, Amagasaki, Japan
Top 16, China Open, Shanghai, China
Champion, 9 Ball Ladies Wedding Open Tournament, Jogjakarta
1st Round, 28th Sea Games, Singapore
Semifinalist, Women’s World 9 Ball Amway Cup, Taipei, Taiwan
Top 32, Chinese 8 Ball World Championships, Yushan, China
Semifinalist, Obrigado 9 Ball Ladies Open Tournament, Bali

Reporter: Zacky

Leave a Response