Food

Pisang Terlalu Matang? Bisa Disulap Jadi 6 Makanan Lezat loh!

Puanpertiwi.com – Kita semua mungkin tidak menyukai buah pisang yang terlalu matang. Sebab teksturnya yang terlalu lembek, membuat kita jadi malas menyantapnya.

Lalu karena terlalu matang, Anda akan membiarkan untuk berlama-lama di luar atau menginapkannya di dalam kulkas hingga menjadi busuk. Terus Anda buang bukan?

Daripada membuangnya, Anda bisa loh menggunakan pisang yang terlalu matang tersebut untuk sajian olahan yang lezat. Mau tau makanan atau minuman apa sih yang dapat dibuat dengan bahan dasar pisang kematangan? Check this out!

Smoothie Pisang

Jika Anda punya beberapa pisang kematangan dan rumah Anda didatangi tamu, olahan ini bisa jadi pilihan yang pas loh! Selain itu kalau Anda sedang diet, banana smoothie bisa jadi pilihan menu diet harian Anda. Teksturnya yang kental dan creamy dari banana smoothie ini dapat membuat Anda kenyang tanpa harus makan banyak.

Caranya, cukup kupas pisangnya, potong dan campurkan dalam blender dengan beberapa es, madu dan susu. Jika tidak punya es batu, kamu juga bisa membekukan pisang terlebih dahulu sebelum diblender loh. Dijamin minuman ini bikin tamu Anda betah dirumah!

Pancake Pisang

Pisang memiliki tekstur lembek sehingga sangat cocok bila diolah dalam menu pancake. Nah menu ini pas disantap pada sarapan pagi. Selain sehat, menu ini juga bisa bikin Anda kenyang sampai makan siang nanti. Caranya, mash (lembutkan) beberapa pisang ke adonan pancake Anda. Lalu, masak seperti biasa. Anda juga bisa tambahkan topping buah-buahan atau wipe cream sebagai variasi. Pastinya keluarga Anda akan jatuh cinta dengan sarapan favorit mereka yang baru!

Banana Toasties

Yup, makanan ala American Style ini bisa Anda buat dengan mudah loh. Selain jadi menu makan siang, bisa juga jadi menu camilan sore Anda saat tea time. Caranya, cukup mash (lembutkan) pisang. Lalu buat oleskan ke roti dan buat seperti sebuah sandwich. Anda juga bisa tambahkan dengan dan selai kacang atau hazelnut agar rasanya semakin manis. Lalu panggang hingga warnanya kuning kecokelatan. Setelah warnanya pas sajikan dengan secangkir teh. Selamat menikmati me time Anda!

Es krim pisang

Tak perlu jauh-jauh ke supermarket untuk menikmati es krim lezat loh! Pisang yang terlalu matang ini bisa berubah menjadi krim yang lembut dan enak. Selain itu, kadar gula dalam es krim ini lebih rendah karena dari manis alami buah pisang.

Untuk mengolahnya, Anda punya dua pilihan untuk mrmbuat es krim pisang. Pertama, bekukan pisang dalam freezer selama dua jam, kalau sudah beku, tambahkan lelehan cokelat deh di atasnya. Wow! Lelehan cokelatnya bakal ikut beku! Rasanya? Luar biasa!. Atau Anda dapat memblender pisang kematengan itu dulu, baru dibekukan ke dalam freezer. Brr dingin-dingin enak!

Muffins Pisang

Menu ini sangat pas untuk camilan yang mengenyangkan. Membuatnya juga tidak terlalu sulit. Untuk membuatnya, digunakan bahan tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, juga pisang yang kematangan. Untuk rasa dan tesktur yang lebih enak lagi, tambahkan kacang mete yang sebelumnya sudah dipanggang dan dicincang kasar. Anda juga bisa gabungkan dengan rasa buah lain seperti blueberry atau stroberi loh!

Oat pisang

Pisang tidak hanya bisa dijadikan pemanis alami sebagai pengganti gula. Tapi juga bisa memberikan kandungan lemak dan protein sebagai pengganti telur di dalam sebuah adonan. Nah, pisang yang dicampur dengan oat bisa menjadi camilan sehat yang ideal, mudah dibuat, dan mudah dibawa kemana-mana. Menu ini juga bisa disantap saat sarapan loh! Jadi lebih kenyang dan sehat.

Reporter: Dian

Leave a Response