PUANPERTIWI
Travel

4 Peraturan Yang Buat Desa Bangli Jadi Desa Terbersih Di Dunia

puanpertiwi.com- Berlokasi di kawasan Bangli, tepatnya di Jalan Rambutan, Desa Penglipuran kini tak pernah sepi dari pengunjung, terlebih saatpun pagi tiba.

Desa yang didapuk menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia ini telah menjadi destinasi wisata hits di Bali. Bukan hanya suasana damai dan sejuk, di desa ini pengunjung bisa menemukan beragam fakta.

Berikut beberapa fakta unik Desa Penglipuran yang berhasil dihimpun.

1. Hutan Bambu Pelindung Desa

Diperpanjang, sebagian besar atau sekitar 40 persen atau 45 hektar dari 112 hektar luas wilayah Desa Penglipuran adalah hutan bambu. Hutan bambu dibiarkan tumbuh menjadi desa dan menjadi kawasan resapan.

Tak hanya itu, hutan bambu yang dibiarkan tumbuh ini juga menjadi manifestasi bahwa masyarakat adat Penglipuran terus menjaga keseimbangan antara manusia dengan alam.

2 . Larangan Poligami

Poligami atau beristri lebih dari satu bentuk nyata bagi masyarakat adat Desa Penglipuran. Jika ada yang akan dikucilkan dan dipindahkan ke sebuah kawasan khusus yang diberinama Karangmemadu.

3. Falsafah Tata Ruang Trimandala

Tri itu tiga, sedangkan Mandala berarti zona, jadi Trimandala secara online dapat diartikan sebagai tiga zona yang memiliki tingkat fungsi dan tingkat kesucian yang berbeda.

Desa Penglipuran yang memiliki orientasi utara dan selatan, dan yang paling utara adalah paling tinggi. Dengan topografi melereng itu adalah tempat ibadah, zona utama mandala namanya. Kawasan ini kerap paksa sebagai setanah tuhan, tempat berdoa.

4. Menginap di Rumah Warga

Jika Anda ingin berlama-lama di Desa Penglipuran, beberapa rumah penduduk merupakan homestay yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Banyak gaya yang pasti akan terjadi saat Anda menginap di rumah penduduk, salah satunya adalah menyicip dan menyaksikan pembuatan kuliner khas Desa Penglipuran.

Reporter: Zacky

Leave a Response